Virtualisasi Hyper V

Hyper V adalah sebutan virtualisasi yang khusus dikembangkan oleh Windows. Awalnya diberi nama dengan Windows Server Virtualization, sekarang berganti name menjadi Hyper V. Berbeda dengan OpenVZ dan KVM, Hyper V mempunyai keunikan sendiri.

Secara singkat, Hyper V mempunyai performa yang cukup bagus dalam sekmentasi virtualisasi. Karena metode yang digunakan oleh Hyper V adalah metode isolasi untuk tiap virtual machine, dimana sangat ideal untuk menjalankan guest vm.

Hyper V hanya tersedia di Windows saja, khususnya direkomendasikan untuk environment Windows Server 2012, Windows server 2016, dan Windows Server 2019.

Lebih detail tentang virtualisasi Windows atau Hyper V bisa langsung kamu buka di dokumentasi Hyper V.

Berbayar

Sayangnya virtualisasi Hyper V ini memiliki versi gratis hanya untuk 2 vm saja. Sedangkan untuk vm lain maka dikenakan biaya lebih yang dibebankan kepada licensing host servernya.

Azure

Salah satu produk yang saat ini cukup santer di telinga developer adalah sistem virtualisasi komersial yang dibuat sendiri oleh pihak Microsoft. Mempunyai beberapa fitur yang sangat banyak dan cukup membantu untuk para developer.

Cenderung Lebih Mahal

Pengguna Hyper V memang harus menyiapkan dana yang lebih jika ingin menggunakan projek yang cukup besar. Bagaimana tidak, karena harga sebuah vm Hyper V cenderung lebih mahal ketimbang OpenVZ dan KVM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.