Tips Membuat Website Cepat

Ketika membicarakan soal website, maka hal tersebut mungkin adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan oleh sebagian orang. Namun banyak orang yang ingin sekali membuat sebuah website dengan dilatarbelakangi beberapa faktor, seperti: tugas kuliah, website pribadi, blog pribadi, hingga website untuk komersial atau jualan.

Namun ada satu hal yang kamu harus tahu. Ternyata, membuat website itu kini sangat mudah. Ya, karena hal tersebut didukung oleh adanya CMS. Adalah kepanjangan dari Content Management System atau sistem manajemen konten adalah suatu software yang digunakan untuk memanage konten yang ada pada website. CMS itu macamnya ada banyak, salah satu yang paling populer yaitu WordPress dan Joomla.

Hanya Tinggal Isi Konten

Dengan menggunakan CMS kamu tidak perlu susah payah membuat frame work, theme, lalu template website, atau mempermasalahkan tentang script atau coding yang sangat ribet dan sulit itu. Dengan CMS, kamu hanya tinggal setup (pemasangan awal) lalu mulai isi konten website kamu dengan klak klik saja. Sangat mudah.

Apakah CMS Aman?

Pada dasarnya, segala sesuatu yang ditaruh di internet tidaklah 100% aman dari kacamata System Administrator. Namun bukan berarti tidak boleh atau tidak bisa digunakan ya. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan wajib kita lakukan jika memang ingin tetap aman. Berikut langkah-langkahnya :

  • Jangan gunakan username default sebagai admin
  • Jangan gunakan password yang mudah ditebak dan < 6 karakter. Selalu gunakan campuran angka, huruf, simbol, angka, huruf besar dan kecil.
  • Gunakan plugin yang ratingnya sudah tinggi
  • Selalu rajin backup web file serta database kamu

Pada kesempatan berikutnya, kita akan membahas bagaimana cara menginstall CMS seperti WordPress dan Joomla lewat control panel hosting seperti cPanel dan lainnya. Tips membuat website cepat akan dilanjutkan ke postingan berikutnya.