Software yang Mendukung FTP

Setelah membahas sedikit tentang FTP sekarang kita akan membahas software apa saja yang mendukung untuk protokol FTP ini sendiri. Sebenarnya ada banyak sekali software yang bisa kita gunakan, namun tidak semua software yang kita gunakan terlihat nyaman atau efisien dengan kita. Berikut software pilihan saya untuk mendukung FTP

WinSCP

WinSCP adalah salah satu software gratis yang bisa mendukung protokol FTP. Selain protokol FTP, WinSCP bisa mendukung protokol lainnya seperti: SCP, SFTP, Web Dav, Amazon S3. Selain menyediakan grafik user interface yang menarik, WinSCP mempunyai integrated text editor sendiri. Bahkan dalam beberapa keadaan, WinSCP bisa mensupport scripting dan task automation.

WinSCP bisa di download di sini. Terdapat 2 versi, yaitu versi lengkap (full) dan versi portable. Bagi kamu yang suka simpel, bisa saya sarankan menggunakan versi portable saja.

Fitur yang paling saya sukai pada WinSCP adalah fitur menyimpan username dan password secara profile. Dengan demikian, sangat membantu kita dalam melakukan pengembangan website atau melakukan transfer file tanpa harus mengetik user dan password berkali-kali.

FileZilla

Software ini paling banyak digunakan ketimbang WinSCP. Karena software ini lebih populer daripada WinSCP. Selain lebih populer, software ini lebih tua usianya ketimbang WinSCP. Pada FileZilla, kita bisa menggunakan beberapa protokol seperti sftp, ftp dan ftps.

FileZilla bisa di download di sini. Versi official hanya menyediakan 1 versi saja yaitu versi lengkap (full). Namun untuk versi portable dikembangkan oleh pihak ke tiga bernama portable apps. Namun sudah saya coba untuk versi portable bisa running dan tidak mengandung virus.

Itulah beberapa software yang mendukung protokol FTP. Namun sebenarnya ada sekali software yang bisa digunakan. Dan saya sudah mencoba hingga belasan software. Namun sejauh ini, 2 software tersebut yang menjadi primadona untuk dukungan FTP. Semoga membantu.