Saya Mau Belajar VPS

Jika kamu sudah cukup familiar tentang web hosting, maka ada baiknya untuk mempelahari VPS untuk pengetahuan kamu. Atau jika kamu seorang mahasiswa ingin mempelajari studi Fakultas Ilmu Komputer, maka sebaiknya kamu belajar VPS untuk kebutuhan kuliah dan mungkin kebutuhan kerja kamu.

Untuk memahami secara detail sebuah VPS, kita harus belajar dari dasar dan mengerti konsep VPS itu sendiri.

VPS adalah Virtualisasi

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server yang dibuat dari konsep virtualisasi. Pada dasarnya, sebuah host node server adalah sebuah komputer dengan spesifikasi sangat besar dan sangat kuat, lalu dari sebuah host node tersebut dibuatlah beberapa VPS dengan beragam spesifikasi sesuai kebutuhan dan permintaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa, suatu host node server terdiri dari satu atau beberapa VPS.

Bermacam tipe virtualisasi

Berbicara tentang virtualisasi, ada beberapa tipe yang sering digunakan oleh praktisi bisnis. Dari yang sering digunakan hingga jarang digunakan :

  • OpenVZ
  • KVM
  • Xen
  • Hyper-V

Pada dasarnya, penyedia VPS dan hosting menggunakan Openvz dan Kvm untuk tipe virtualisasi mereka. Selain memiliki keunggulan tersendiri, 2 tipe virtualisasi ini memang sangat umum digunakan pada industri hosting.

Mengerti command dasar

Sebelum kamu menggunakan sebuah VPS, ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu mengenai command dasar. Khususnya untuk server berbasis Linux. Selain harus mempelajari command dasar, harus mengerti adaptasi beberapa varian yang ada di komunitas internet juga. Sayangnya untuk mengerti command dasar, minimal kamu harus memiliki sebuah passion yang cukup tinggi.

Belajar dari sumber lain

Sangat penting jika kamu tidak terlalu mengerti sebuah server atau sebuah VPS, kamu harus memilki sumber lain untuk belajar. Pastikan kamu tidak cepat putus asa dan cepat puas jika memang belajar dari sumber lain.

Jangan takut mencoba

Sesuatu yang belum pernah dicoba memang patut dicoba jika kita ingin maju. Namun kebanyakan orang cenderung takut dan minder duluan, misalnya di bangku perkuliahan para mahasiswa. Intinya adalah selalu ingin tahu, jangan takut mencoba, jangan takut salah.

Oke, di atas adalah beberapa poin penting untuk belajar VPS. Oleh sebab itu, sebuah passion sangat diperlukan dalam hal ini. Bagi kamu yang sedang kuliah, ada baiknya untuk mencoba sendiri dengan memasang aplikasi seperti VirtualBox dan install server linux untuk sarana berlatih.