Plesk: Cara Menambahkan Database

Sangat penting bagi kamu yang ingin menambahkan database ketika ingin membangun sebuah website atau ada project tertentu yang berhubungan dengan database. Pada Plesk interface, semua bisa di set dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu klik menu Databases yang berada di panel sebelah kiri.

Panel Databases yang berada di sebelah kiri bisa diakses langsung ketika kamu login ke Plesk interface.

Plesk database 1

Kemudian untuk menambahkan database ke dalam system, kamu harus klik + Add Database yang berada pada interface lanjutan.

Plesk database 2

Setelah + Add Database di klik, akan terlihat menu database yang akan ditambahkan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan nama database.

Plesk database 3

Gambar di atas mendeskripsikan nama database yang akan ditambahkan. Tidak perlu panjang, pendek saja, namun berisi huruf dan angka. Pada bagian Related Site, kamu klik saja dan pilih database tersebut untuk website / subdomain apa. Hal ini untuk mempermudah kita dalam referensi database yang digunakan.

Plesk database 4

Kemudian pada gambar Plesk database 4 adalah user database yang akan ditambahkan. Biasanya untuk memudahkan, nama database dan user database disamakan saja. Namun kalau pun berbeda juga bisa.

Untuk password user database, kamu bisa gunakan menu Generate untuk melakukan generasi password acak database dengan strong pattern code.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, selanjutnya kamu lanjutkan untuk klik OK untuk memproses database yang akan dibuat nanti.