Plesk: Cara Backup Website

Pada dasarnya fitur backup website pada Plesk bisa kita gunakan fitur yang namanya Backup Manager. Fitur ini bisa diakses lewat Plesk interface end user, lalu menu tersedia pada kanan atas interface panel setelah login. Pada menu Backup Manager, kita bisa melakukan backup website dan email secara bersamaan juga.

Untuk memulai proses backup, sebelumnya klik menu Back Up terlebih dahulu.

Kemudian pilih tipe backup yang diinginkan. Ada beberapa opsi seperti :

  • Konfigurasi email & konten
  • File user & database

Biasanya, untuk lebih ringkasnya kebanyakan orang akan melakukan backup untuk kedua opsi di atas.

Opsi selanjutnya adalah opsi penyimpanan, entah itu full backup atau incremental backup. Pada saat backup pertama kali, sangat disarankan menjalan kan full backup. Kemudian untuk backup seterusnya kamu bisa menggunakan incremental backup.

Incremental backup adalah opsi backup dimana hanya melakukan backup pada file yang baru termodifikasi saja. Jika yang di modifikasi hanya pada folder ABC, maka yang terbackup hanya folder ABC saja.

Jika semua sudah oke, maka kamu tinggal jalankan menu backup saja. Lamanya proses backup tergantung banyaknya web file yang kamu punya atau banyaknya email yang kamu punya. Semakin banyak & besar ukuran file tersebut, maka semakin lama pula proses backupnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa kamu harus memiliki disk space yang cukup banyak untuk melakukan backup. Karena jika konten website dan email kamu adalah sebesar 1 GB, berarti total disk space yang akan terpakai kira-kira adalah 2 GB. Untuk itu, total kapasitas disk space yang kamu punya harus lebih dari 2 GB.

Pesan di uculhosting untuk kapasitas disk space besar, dengan harga sangat murah & rasional, kamu bisa gunakan backup melalui Plesk interface!