Perbedaan Bandwidth & Quota

Masih membicarakan hal yang cukup hangat di kalangan para webhoster dan pelanggannya. Yaitu dua istilah yang sangat terkenal, yakni bandwidth dan quota. Ketika hendak menyewa sebuah web hosting, kita disuguhi dua kalimat sakti tersebut, bukan? Nah tahu tidak sih, kalau selama ini pengertian kita mungkin ada yang salah.

Yuk mari kita buktikan satu per satu menurut pengertian dari kata tersebut. Semoga tidak gagal paham ya.

Fakta Bandwidth

Dikutip dari wikipedia dan beberapa sumber artikel lainnya yang dominan valid, pengertian dari kata bandwidth itu sendiri adalah lebar pita dalam bahasa indonesia. Artinya, luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.

Contoh dari bandwidth yang ada: Untuk digital bandwidth maka yang digunakan adalah satuan bits per detik. Untuk analog bandwidth, maka yang digunakan yaitu satuan Hertz atau Hz. Sedangkan untuk komputer bandwidth secara umum bytes per detik. Atau dalam satuan default untuk kecepatan internet terhitung xx Mbps dimana xx mempresentasikan banyaknya angka.

Jadi, penulisan yang benar untuk bandwidth yaitu Mbps, MBps, dan Bps. Dimana b kecil mempresentasikan bits, dan B besar mempresentasikan bytes.

Fakta di Masyarakat

Namun fakta yang sudah menjamur yang ada di masyarakat, terlebih lagi penulisan yang salah oleh para penyedia hosting dan penyedia server, menuliskan bahwa bandwidth internet yang ada adalah 1 TB.

Mengacu pada pengertian yang ada, penulisan bandwidth 1 TB adalah salah. Karena dimensi yang dilingkupkan adalah luas dan lebar pita, berarti yang seharusnya benar seperti entah 10 Mbps, 100 Mbps dsb.

Fakta Quota

Pada dasarnya, pengertian quota adalah sesuatu yang berhubungan dengan keterbatasan atau ambang batas. Namun sayang, masih banyak penyedia hosting dan penyedia server menuliskan quota dengan cara yang salah.

Biasanya, istilah yang digunakan pada penyedia hosting adalah bandwidth internet bulanan (hosting) yaitu 1 TB. Nah ini adalah salah. Seperti yang dijelaskan di atas, bandwidth bukanlah suatu ambang batas dalam bentuk keterbatasan. Maka seharusnya yang harus dituliskan yaitu : quota internet bulanan (hosting).

Masih sedikit para penyedia hosting dan server menggunakan istilah quota pada website mereka. Padahal kata ini dirasa paling mendekati dengan fungsi dan maksud yang ada.

Nah, sekarang kalian sudah tahu perbedaannya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.