Pentingnya Proses Backup pada Websitemu

Bagi kamu yang sudah mempunyai sebuah website atau blog, maka ada baiknya untuk selalu melakukan backup terhadap website / blog kamu. Mengapa? Karena ada baiknya berjaga-jaga sebelum datang pada waktunya. Seperti pepatah “Lebih baik mencegah daripada harus mengobati”. Mengapa proses membackup website sangat kritikal?

Kita harus menaruh persepsi bahwa sesuatu yang kita taruh di internet, pada dasarnya adalah tidak aman. Hal itu karena kita sebagai pemilik asli file yang akan kita taruh juga tidak dapat menjami bahwa data tersebut akan ada sampai disitu hingga kapan. Ada kemungkinan akan hilang, terhapus, hingga ada kemungkinan corrupt/rusak.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para pengguna website/blog untuk selalu rajin melakukan backup secara berkala. Pertanyaannya, kita tidak akan pernah tahu, kapan website kita akan masih berjalan atau rusak. Jika sudah rusak, dan tidak ada salinan bisa repot dong.

Backup Terjadwal

Dengan alasan yang diberikan sebelumnnya, sangat disarankan untuk melakukan backup secara terjadwal, entah itu 1 minggu sekali, hingga 1 bulan sekali. Selalu lakukan backup secara terjadwal untuk mempermudah hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.