Name Server yang Harus Diisi Apa?

Setelah kamu membeli sebuah domain pada penyedia domain tertentu, untuk pertama kalinya pasti kamu akan merasa kebingungan apa yang harus dilakukan bukan? Nah, untuk kamu yang pertama kali membeli dan mempunyai domain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa panduan tersebut akan saya rangkum di bawah ini.

Isi Name Server (NS)

Hal pertama jika domain kamu ingin aktif adalah mengisi NS atau Name Server terlebih dahulu. Nantinya NS ini akan berisi informasi catatan atau record DNS yang akan di gunakan untuk kebutuhan si domain.

Pada umumnya, NS yang harus diisi adalah Name Server si penyedia hosting, dimana nantinya website kamu akan ditaruh. Misalnya, kita sudah mendaftar hosting gratis di penyedia A lalu membeli domain di tempat lain. Kemudian, Name Server yang harus diisi haruslah yang di rekomendasikan oleh si penyedia A ini.

Jika kamu kurang mengerti, kamu bisa minta bantuan penyedia domain untuk meminta menggantikan NS buat kamu. Jangan lupa sertakan NS apa yang harus dituliskan nantinya.

Simpan EPP Code

Ketika sudah membeli sebuah domain, kamu akan mendapatkan yang namanya EPP code. Kode ini harus kamu simpan dan dirahasiakan, jangan sampai orang lain mengetahui kode tersebut.

Nantinya, kode tersebut akan digunakan ketika kamu akan memindahkan domain dari penyedia A ke penyedia B. Istilah yang umum digunakan dalam hal ini adalah pindah registrar domain. Namun, pindah domain bukan berarti pindah hosting ya. Karena domain dan hosting adalah 2 esensial yang berbeda.

Propagasi

Setelah NS sudah diisi, biasanya ada propagasi waktu dimana perpindahan NS dari si penyedia domain nantinya akan tergantikan oleh NS si penyedia hosting. Karena ketika membeli domain, secara default NS yang dipakai adalah si penyedia domain tersebut.

Perpindahan NS itu sendiri biasanya memakan waktu cukup lama, yakni hingga 24 jam. Namun kebanyakan penyedia domain sekarang, tidak memakan waktu lama lagi. Biasanya cukup menunggu kurang dari 2 jam saja.

Itu saja beberapa hal yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.