Mengenal SSH Pada Web Hosting

Setelah mengenal beberapa istilah tentang FTP, Control Panel dan lain sebagainya, dalam dunia web hosting kamu akan mengenal istilah yang namanya SSH. SSH adalah kepanjangan dari Secure Shell. Dalam artikel ini kita akan membahas sedikit tentang SSH itu sendiri.

Pada dasarnya, akses SSH dalam web hosting cenderung tidak ada. Karena sifatnya SSH yang rawan penyalahgunaan dalam sistem operasi Linux. Namun akhir-akhir ini beberapa penyedia hosting mulai gencar menawarkan opsi tambahan seperti akses SSH pada paket tertentu dalam shared hosting mereka.

Apa itu SSH?

SSH pada dasarnya adalah sebuah protokol inti yang ada pada sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Dalam implementasinya, SSH adalah sebuah interface yang isinya hanya text saja atau tidak ada grafik apapun. SSH digunakan sebagai si Administrator server untuk melakukan konfigurasi dan maintenance serta tweak pada level server.

Tidak Semua Penyedia Menyediakan SSH

Faktanya, tidak semua penyedia hosting menyediakan protokol SSH pada lingkupan web hosting. Kalau pun memang ada, biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan untuk si pelanggan tersebut. Namun ada saja penyedia hosting yang menyediakan protokol SSH secara cuma-cuma atau gratis.

Gunanya SSH

Pasti beberapa dari kalian bertanya, apa sih gunanya SSH di web hosting? Ada beberapa fitur yang memang diperlukan untuk web hosting dengan tujuan mempermudah deploy dan pengembangan website itu sendiri. Terlepas CMS atau script apapun yang dipakai, SSH memiliki peran penting bagi developer website untuk melakukan konfigurasi, patch, dan deploy suatu website.

Namun perlu kalian ingat ya, bahwa walaupun ada SSH tapi akses yang diberikan oleh level server di batasi kewenangannya. Hanya bisa mengakses file dengan kewenangan user yang bersangkutan dan biasanya ada mekanisme pengaturan khusus lainnya, tergantung platform control panel yang digunakan.

Login SSH

Untuk melakukan login melalui protokol SSH, kamu memerlukan aplikasi khusus untuk yang Windows. Namun bagi kamu yang mempunyai kernel Linux bisa menggunakan console command. Panduan login detail akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Akhir kata, itulah sedikit pengenalan tentang SSH. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.