Mengenal Dynamic DNS (DDNS)

Terlepas dari hal DNS, ada satu istilah yang mungkin beberapa orang jarang sekali mendengarnya, yaitu DDNS. Konsepnya mirip dengan DNS, namun memiliki fungsi tambahan yang berguna untuk sebagian perangkat, khususnya seperti router, cctv kamera, printer, dan beberapa perangkat lain yang memungkingkan.

Jika diterjemahkan menurut pengertian aslinya, maka DDNS adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQDN dan sebaliknya, yaitu dari FQDN ke IP address.

Sebenarnya, fungsi utama DDNS adalah mempermudah identifikasi dari suatu device/client tertentu yang tadinya berupa dynamic IP adddress (selalu berubah-ubah dalam periode tertentu), menjadi suatu static hostname (berupa huruf) yang mudah diingat dan dihafal. Karena sangat mengesalkan dan merepotkan jika kita harus mengingat sesuatu yang sifatnya berubah-ubah (dynamic).

DDNS Berbayar dan Free

Pada dasarnya ada 2 jenis layanan DDNS, yaitu DDNS berbayar dan gratisan. Fasilitas yang diberikan berbayar maupun gratisan itu berbeda. Beberapa hal yang membedakannya yaitu seperti banyaknya subdomain atau hostname yang bisa dipilih, subscription yang lebih panjang, dan sebagainya.

Membedakan IP Public Dynamic Dan IP Public static

Pada dasarnya IP yang ada dan beredar di jagat internet ini menggunakan IPv4 dan terdiri dari 2 macam. Yaitu IP dynamic dan IP static. Dilihat dari kata dasarnya, IP Dynamic adalah IP yang sifatnya berubah-ubah. Jadi tidak selalu A terus, pasti berubah ke B, C dan seterusnya. Sedangkan IP static adalah IP yang tidak akan berubah. Misalkan IP tersebut A berarti seterusnya A terus.

Sebagai tambahan informasi, tidak semua penyedia internet bisa memberikan IP static ke pelanggan rumahan. Biasanya pelanggan yang setingkat dengan level Corporat atau SOHO bisa mendapatkan IP static. Bahkan, pengguna internet lewat ponsel semuanya menggunakan IP dynamic.

Layanan DDNS

Ada beberapa layanan DDNS yang hingga kini menyediakan gratisan, namun sebagian besar sudah menyediakan layanan berbayar namun beberapa masih menggunakan layanan gratisan. Berikut daftar layanan DDNS :

Beberapa daftar di atas tentunya bisa dijadikan referensi kalian bagi yang mencari layanan DDNS sifatnya gratis. Semoga bisa membantu. Jika ada layanan DDNS lainnya, bisa ditambahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.