Mengenal DNS Resolver

Pada dasarnya semua yang ada di internet sudah pasti menggunakan yang namanya DNS resolver. Apa sih definisinya? DNS resolver adalah layaknya lokal server yang menyimpan pusat dari database DNS name server dan memberlakukan permintaan DNS pada semua client. Jadi, DNS resolver memudahkan kita untuk mentranslasikan name server yang ada dan tersimpan di dunia internet. Jika tidak ada DNS resolver coba bayangkan, butuh berapa data untuk menyimpan permintaan DNS yang ada di internet?

Baik itu di komputer kita maupun server yang digunakan untuk webhosting, tentu saja menggunakan yang namanya DNS resolver. Fungsinya sangat simple dan tidak membutuhkan banyak ruang hardisk, namun memiliki peranan yang sangat besar. Jika tidak ada DNS resolver, mustahil komputer kita dapat terhubung ke internet.

Beberapa DNS resolver

Berikut adalah beberapa DNS resolver yang cukup dominan dan biasanya dipakai oleh para pengguna internet. Salah satunya, mungkin kamu sudah mengetahuinya.

  • Google OpenDNS : 8.8.8.8 / 8.8.4.4
  • Cisco OpenDNS : 208.67.220.220 / 208.67.200.200
  • Cloudflare DNS : 1.1.1.1 / 1.0.0.1
  • Level3 : 209.244.0.3 / 209.244.0.4
  • Verisign : 64.6.64.6 / 64.6.65.6

Dari beberapa DNS resolver di atas, ada 1 DNS yang memang di desain untuk memblokir beberapa konten negatif, khususnya konten positif untuk keluarga, yaitu Cisco OpenDNS.

Walaupun demikian, kebanyakan para penyedia internet memiliki resolver mereka tersendiri untuk menyediakan layanan internet ke pelanggan. Jika dilihat dari performa, DNS resolver yang diberikan pihak penyedia internet memang cenderung memberikan respon yang lebih cepat, namun terdapat masalah dengan caching.

Caching adalah kemampuan suatu platform atau tools untuk menyimpan sementara pada waktu yang telah ditentukan, sehingga bertujuan untuk mempercepat akses suatu layanan. Sayangnya, jika caching terlalu lama, maka perubahan dari DNS yang terjadi menjadi sangat lama. Rata-rata kisaran 1-6 jam untuk perubahan tercepat.

Jadi teman-teman belajar webhosting saat ini menggunakan DNS resolver yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.