Mengapa Website WordPress Saya Lemot?

Dari banyak pertanyaan, yang paling menjadi sorotan dari pengguna hosting selama ini adalah kata larangan yang tidak boleh terjadi, yaitu lemot. Website lemot ternyata adalah penyakit menahun yang sangat sulit disembuhkan, entah itu di luar maupun dalam negeri. Karena memang, penanganannya tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang menyebabkan website WordPress kamu lemot.

Berada di Shared Hosting

Alasan utama mengapa website WordPress kamu lemot mungkin karena berada di Shared Hosting. Entah itu menggunakan cPanel maupun Plesk, Karena pada dasarnya website dengan trafik cukup tinggi serta proses yang berlebihan tentu, akan berdampak pada paket Shared Hosting.

Pada umumnya berada di shared hosting tidak membuat website kamu lemot. Namun, ada beberapa faktor ketika pada suatu waktu ada beberapa pengguna yang websitenya cukup tinggi pada waktu yang bersamaan, sehingga berdampak pada website kamu. Tapi hal ini jarang terjadi. Yang lebih aman, kamu bisa gunakan shared hosting SSD atau pindah ke VPS.

Menggunakan Plugin Cache

Mempercepat WordPress dengan plugin cache? Sebaiknya kamu coba alternaif lain saja. Karena pada realitanya, penggunaan plugin seperi cache tidak terlalu berpengaruh dengan skema realita yang ada, apalagi jika berada pada shared hosting.

Sangat disarankan buat kamu untuk menggunakan solusi CDN, ketimbang menggunakan plugin cache. Kamu bisa cek di internet, browser mana yang cocok dengan tipe website dan budget kamu.

Terkena Brute Force

Bisa jadi WordPress website kamu sedang di brute force oleh seseorang, tentu saja sangat berdampak pada load website. Semakin banyak server/botnet yang ikut berpartisipasi, maka semakin berat pula website kamu untuk di buka pengunjung.

Memasang plugin anti brute force adalah pilihan yang sangat tepat. Berdasarkan pengalaman, Loginizer adalah plugin yang cocok dalam hal urusan brute force login. Sedangkan satu paket dengan brute force login adalah Disable XML RPC. Plugin ini berfungsi agar menonaktifkan fungsi xml-rpc pada WordPress yang sering disalahgunakan.

Penggunaan Proses Tinggi

Faktor terakhir yakni karena WordPress website kamu mempunyai proses yang cukup tinggi pada shared hosting atau vps sehingga menyebabkan load website menjadi terkendala, seperti lemot.

Pastikan kamu menggunakan plugin yang terpecaya dari developer WordPress, serta gunakan se-efisien mungkin dalam menggunakan plugin. Penggunaan plugin terlalu banyak juga tidak ideal dalam beberapa kasus.

Terima kasih sudah membaca dan share tulisan mengapa website WordPress saya lemot pada blog ini. Semoga membantu. Jika ada yang kurang dan ingin ditambahkan, silakan berikan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.