Menambahkan FTP akun di cPanel

Ada kalanya kita ingin melakukan upload web file dan membutuhkan FTP akun. Apalagi jika kita bekerja dengan web developer, otomatis FTP akun harus dibedakan untuk kita dan si developer itu sendiri. Sayangnya untuk membuat FTP akun harus kita buat ke interfacenya terlebih dahulu. Jadi tidak bisa langsung terbuat begitu saja. Langkahnya sangat mudah.

Pertama, kita harus login ke cPanel akun kita sendiri.

Kedua, kita menuju ke interface FTP accounts dimana kita bisa membuat FTP akun di sana. Setelah login ke cPanel, anda bisa langsung mengetik “ftp” tanpa tanda petik pada kolom pencarian. Hasilnya seperti ini.

Pencarian FTP accounts

Kemudian kita langsung klik FTP Accounts tersebut saja.

Setelah itu akan muncul parameter yang terdiri dari beberapa kolom. Kamu harus isikan sesuai dengan parameter yang ada. Contohnya seperti di bawah.

Tambah FTP akun

Isikan menu login, lalu pilih domain yang dipiih. Untuk password, gunakan Password Generator lalu copy-paste pada kolom password. Jika indikasi password sudah cukup kuat (strong), kita lanjutkan lagi dengan klik Create FTP Account.

Detail informasi bisa kamu lihat setelah FTP akun telah terbuat.

Untuk melakukan login FTP, kamu gunakan IP server atau hostname dari server tersebut. Sedangkan untuk username gunakan username@domain.tld kamu serta passwordnya deh. Mudah bukan?

Cek software yang mendukung FTP juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.