Menambahkan Email di cPanel

Jika kamu sudah menggunakan cPanel, maka jangan siakan salah satu fitur lainnya (selain website) yaitu manage email. Keuntungannya, kamu bisa melakukan apapun dengan bantuan web user interface pada browser agar bisa melakukan settingan apapun yang tersedia pada email. Bingung caranya? Ini dia…

Biasanya email digunakan pada beberapa organisasi atau perusahaan tertentu untuk mengirimkan beberapa dokumen atau berkomunikasi dengan instansi tertentu. Pengiriman email memang terbukti lebih aman, paling tidak untuk saat ini.

Pertama, login ke cPanel dan lakukan pencarian kata email pada saat berhasil login. Lalu klik Email Accounts.

Pencarian menu email

Pada saat halaman kedua terbuka, kita klik +create untuk memulai membuat email akun pada domain kamu sendiri. Kemudian akan terlihat interface pembuatan email account. Ada beberapa kolom yang wajib kamu isi dan pastikan beberapa hal tersebut terpenuhi, apalagi pada bagian Password.

membuat email akun

Isikan beberapa kolom pada gambar di atas berdasarkan kebutuhan. Username harus berisi huruf dan angka, tidak boleh terisi dengan spasi.

Sedangkan kolom password pastikan menggunakan fungsi GENERATE yang bisa kamu klik. Kemudian klik “mata coret” untuk mengetahui atau melindungi karakter dari screen kamu.

Pada kolom Storage space, isikan batas dari kapasitas email tersebut. Biasanya untuk penggunaan email kecil diisi 250 MB, sedangkan penggunaan besar 1024 MB.

Setelah semua terisi, kamu tinggal klik + CREATE kemudian email akun kamu di cPanel akan terbuat.