Menambahkan Domain di Plesk

Kembali lagi dengan tutorial seputar Plesk control panel, kita akan membahas bagaimana caranya menambahkan domain di Plesk. Seperti yang kita tahu, untuk membuat website kita bisa diakses lewat internet kita harus menambahkan terlebih dahulu. Ada beberapa proses tahapannya.

Login ke Plesk

Pertama, kita login ke Plesk control panel terlebih dahulu. Dalam hal ini pastikan username dan password kamu adalah benar!

Tambahkan Domain

Kemudian kita tambahkan domain yang sudah kita beli atau yang sebelumnya sudah kita miliki. Nah di sini keadannya, saya sudah punya domain terlebih dahulu pada Plesk saya.

Klik Add Domain

Kemudian kita tambahkan nama domain yang kita inginkan, contoh: domainku.net. Kemudian pada location of website files kita lewatkan, biarkan default saja. Pastikan Hosting Type adalah Website Hosting. Pada document root isikan nama domain, contoh: domainku.net.

Masukkan nama domain

Mengaktifkan SSL

Kemudian setelah ditambahkan, biasanya ada fitur Let’s Encrypt yang berguna untuk generate SSL gratis untuk website kamu.

Amankan dengan Let’s Encrypt

Kamu bisa mengaktifkan Let’s Encrypt apabila DNS dari domain kamu sudah di setup dan diarahkan ke server webhosting yang bersangkutan. Namun tenang saja kok, kamu bisa mengaktifkan ini nanti!

Setup DNS

Langkah terakhir biasanya melakukan setup DNS. Namun ada beberapa kondisi dimana kadang DNS di setup di awal sebelum menambahkan domain, namun ada juga kondisi dimana DNS di setup setelah domain ditambahkan. Tergantung dari kondisi masing-masing.

Jangan lupa untuk propagasi DNS yang mungkin perlu kalian perhatikan, jika menggunakan ISP rumahan.