Membuat Alamat Email Sendiri di Plesk

Setelah berhasil menambahkan domain pada Plesk, kita akan belajar membuat alamat email sendiri di Plesk. Pada dasarnya email yang ada pada Plesk sama persis dengan beberapa penyedia email gratisan seperti Gmail, Yahoo, dsb. Karena sama-sama menggunakan protokol yang sama. Namun bedanya platform yang kita gunakan lebih ke opensource.

Perbedaan Email Gratisan dan Email Sendiri

Mungkin banyak dari teman-teman yang masih agak bingung dan bertanya-tanya. Apa sih bedanya email gratisan (Yahoo, Gmail, dsb) dengan Email sendiri kita di Plesk?

Jawabannya ada pada brand dan kebebasan. Karena jika kita menggunakan email gratisan, username yang akan kita pilih biasanya akan disertai huruf dan angka. Dan bagi sebagian orang membuat username Email yang panjang dan tidak sesuai selera biasanya kurang asik.

Nah beda dengan Emal yang kita buat pada server hosting kita. Kita bisa membuat email dengan username dan nama apapun itu yang kita mau. Ditambah lagi dengan nama domain kita sendiri. Jadi kita lebih bebas menentukan nama atau username Email kita.

Menambahkan Email

Untuk menambahkan akun Email di Plesk, kita harus login ke Plesk kamu dan akses menu Email.

Akses menu Mail

Setelah terbuka, kita pilih menu create Email address.

Create Email Address

Kemudian kita isikan sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kita.

Menu buat email account

Kemudian setelah selesai, kita klik OK. Selamat! Email akun kamu sudah terbuat dan langsung bisa diakses.

Setelah Email akun terbuat, pastikan kamu sudah melakukan setting DNS dengan benar, khususnya pada bagian MX dan TXT record tersebut. Pembahasan MX dan TXT akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.