Macam Tipe Lisensi Plesk

Jika kamu adalah salah satu pengguna yang menggunakan Plesk control panel sebagai pilihanmu, maka kamu wajib tahu karena ada beberapa macam tipe lisensi yang ditawarkan oleh Plesk. Diantaranya ada Plesk Web Admin, Plesk Web Pro, lalu Plesk Web Host. Tiap fitur lisensi Plesk ini berbeda, begitu juga dengan harganya.

Jadi jangan salah, ketika kamu membeli vps kamu harus membeli lisensi tambahan per bulan atau per tahun sesuai dengan bujet keuangan yang dimiliki.

Edisi Web Admin

Lisensi ini bisa dibilang paling murah, dan diperuntukkan untuk para Web & IT Admin untuk memanage website untuk para pegawai, level skala bisnis, atau untuk website pribadi.

Tipe Web Admin hanya bisa menambahkan max 10 domain saja dan unlimited subdomain. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu install secara gratis tanpa harus menggunakan softaculous.

Semua lisensi dari Plesk mendapatkan fitur keamanan (Mod Security) berupa Basic Atomicorp Rules Web Application Firewall. Pastikan kamu sudah install sofware Mod Security terlebih dahulu.

Sayangnya pada edisi Web Admin, tidak ada fitur postgreSQL, MSSQL dan Tomcat yang tersedia.

Edisi Web Pro

Edisi lisensi diperuntukkan untuk reseller dan web developer bahkan untuk reseller. Karena dengan menggunakan edisi Web Pro, kamu bisa manage customer website dan aplikasi web.

Berbeda dengan Web Admin, edisi Web Pro kamu bisa menambahkan hingga 30 domain dan unlimited subdomain. Termasuk beberapa aplikasi yang tersedia gratis tanpa harus menggunakan softaculous.

Pada edisi web Pro kamu bisa manage langganan hosting customer, membuatkan login terpisah untuk customer kamu. Beberapa tambahan untuk pecinta WordPress, seperti WordPress Toolkit.

Bagi yang ingin menggunakan PostgreSQL, MSSQL dan Tomcat, kamu bisa menggunakan lisensi tipe Web Pro.

Edisi Web Host

Untuk edisi yang satu ini, kamu bisa menambahkan hingga berapapun domain yang diinginkan, selama resource server kamu masih mumpuni. Cocok untuk startup penyedia web hosting.

Pada edisi web host, semua fitur yang ada pada lisensi Web Admin dan Web Pro sudah termasuk di dalamnya. Bahkan, pada lisensi ini kamu bisa membuatkan reseller login untuk customer. Sangat cocok untuk berbisnis web hosting.

Jadi bagaimana, sudah tahu ‘kan beberapa macam tipe lisensi Plesk yang ada? Perlu diingat bahwa lisensi ini berlaku untuk pengguna VPS, jadi untuk shared hosting tidak bisa.