Login WHM Tanpa root Password

WHM sebenarnya adalah istilah untuk login dari sisi level admin untuk cPanel. Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum tahu, bahwa cPanel sendiri terdapat 2 macam tipe akun. Pertama, akun cPanel dengan tipe user biasa. Kedua, akun cPanel dengan tipe reseller atau admin. Yang biasanya kita pakai untuk login ke cPanel adalah tipe user biasa.

Akun reseller sebenarnya mirip dengan akun user biasa, namun punya kelebihan yakni bisa membuat akun cPanel, lalu dapat melakukan aktivasi, membuat paket hosting, dan suspend hosting terhadap user yang ada di bawahnya.

Akun admin lebih besar lagi kendalinya. Bisa membuat akun reseller, set permission level admin, hingga seluruh fitur yang ada pada reseller, ataupun user biasa.

Untuk login sebagai admin, maka diperlukan root password. Misalnya, untuk login ke server cPanel sebagai level admin, maka username yang harus dimasukkan adalah root lalu passwordnya adalah root password itu sendiri. Port yang dimasukkan adalah 2087. Sebagai contoh :

login whm

Kemudian untuk username dan password.

root dan password.

Namun, jika kamu memiliki akses melallui SSH root maka sebenarnya kamu bisa masuk ke server WHM itu sendiri tanpa menggunakan root password. Syaratnya adalah kamu harus login SSH dulu sebagai root dan melakukan generate command dari SSH. Tentu saja, minimal kamu harus punya sebuah VPS ya, bukan shared hosting atau reseller hosting.

Untuk login sebagai root :

whmapi1 create_user_session user=root service=whostmgrd locale=en

Untuk login sebagai reseller :

whmapi1 create_user_session user=reseller service=whostmgrd locale=en

Untuk login sebagai user :

whmapi1 create_user_session user=myowndom service=cpaneld locale=en

Dimana tiap user tersebut adalah user yang ingin kita impersonate (masuk sebagai).