Lebih Bagus Web Hosting di Indonesia atau di Luar?

Banyak pertanyaan yang beredar, lebih bagus web hosting di Indonesia atau di luar Indonesia? Pada dasarnya, mau server web hosting di Indonesia atau di luar itu adalah hak kalian sendiri. Yang terpenting adalah, apa tujuan website yang nantinya akan teman-teman gunakan. Karena pada esensinya, mau di luar atau di dalam negeri tergantung tujuan website yang akan kita bangun.

Menurut pengalaman saya, jika ingin memiliki sebuah web hosting di Indonesia maka harga kocek yang akan kita keluarkan biasanya sedikit lebih mahal dari hosting di luar negeri. Hal itu karena beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa harga persaingan web hosting di Indonesia masih terbilang cukup mahal.

Namun beberapa tahun terakhir, sudah ada banyak perusahaan yang mengembangkan bisnis web hosting di Indonesia yang memungkinkan harga web hosting yang ada di Indonesia menjadi bersaing dan cenderung terjangkau.

Website atau Blog Pribadi

Jika tujuan kalian hanya untuk membuat sebuah websita statik dan blog pribadi dan memiliki modal yang sangat terbatas, maka disarankan untuk membeli web hosting yang ada di luar negeri seperti us, eu. Karena harga yang ditawarkan cenderung murah.

Kemudian untuk optimisasi bisa menggunakan external CDN untuk optimisasi website kamu. Biasanya harga CDN rata-rata dalam satu tahun antara $7 – $20 saja. Tapi opsi ini adalah opsional, artinya boleh digunakan atau tidak, tergantung kebutuhan.

Website ecommerce

Lain halnya jika kamu memiliki website ecommerce dengan target penjualan di dalam negerti. Kita membicarakan website ecommerce dengan trafik cukup tinggi, yaitu dalam sehari dari 10.000 visitor hingga 100.000 visitor. Dengan data seperti demikian, maka diwajibkan menggunakan server atau web hosting yang berlokasi di Indonesia.

Alasannya, target presense yang ingin ditargetkan dalam hal ini adalah pembeli lokal. Akan sangat menyebalkan jika saat trafik tinggi kemudian koneksi dan akses ke website kamu bakal lemot. Tentu hal itu membawa dampak kerugian bagi pemilik website itu sendiri.

Pada intinya, mau website di luar atau di Indonesia sama saja tergantung kebutuhan kamu. Namun di lihat dari sisi harga, harga terjangkau lebih di dominasi pada hosting di luar. Namun untuk bagian layanan bantuan, karena di luar harganya sangat murah, maka layanan bantuan tidak terlalu bagus. Lain halnya di Indonesia yang saya lihat dominan layanan bantuannya cukup bagus.

Semoga membantu dan memberikan pencerahan kalian ya.