Koneksi ke Hosting Lambat, Harus Bagaimana?

Kadang kala, kita mungkin merasakan koneksi yang digunakan untuk mengakses sebuah website (misalnya website kita) terasa sangat lambat. Terlebih jika mengetahui kalau koneksi ke tempat lain misalnya seperti youtube, google, dan beberapa website lain masih biasa saja. Lalu bagaimana melakukan troubleshoot?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan investigasi hosting tempat website kita terasa lebih lambat atau lemot bahkan hingga terputus. Kita harus bisa cermat mencari akar permasalahannya.

Hosting Lemot

Kendala hosting lemot adalah masalah yang besar bagi sebagian besar pengguna hosting, apalagi kalau website mereka adalah portal berita atau artikel, atau sebuah website komunitas besar. Ada beberapa hal yang menyebabkan hosting tempat website kita berada lemot, diantaranya :

  • Hosting server website kamu berada mengalami CPU high sehingga menyebabkan beberapa user mengalami lemot.
  • Website kamu mungkin saja melewati batas kapasitas pemakaian seperti CPU, memory RAM, entry proses, sehingga terkena pembatasan atau limitation.
  • Adanya botnet yang sedang menyerang website kamu (DOS) dengan mengirimkan trafik tinggi sehingga menjadi berat.
  • Koneksi internet kamu mengalami masalah, dan harus di cek dengan tim support penyedia internet kamu.

Hosting Terputus

Istilah terputus biasanya lebih dikenal dengan nama timeout. Pada skenario ini, website yang kamu akses mengalami time out atau tidak dapat diakses sama sekali, padahal internet koneksi kamu dalam keadaan normal. Maka dalam hal ini :

  • Cek apakah domain kamu statusnya masih aktif dan tidak expired.
  • Tes dengan melakukan ping apakah bisa di ping.
  • Kontak support terkait dan tanyakan statusnya agar dibantu.
  • Cek apakah dengan koneksi lain (koneksi 4G) bisa. Jika bisa, kemungkinan wifi kamu bermasalah koneksinya ke server hosting.

Jika ada yang perlu ditambahkan, kamu bisa langsung tambahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.