Hosting SSD vs Hosting HDD

Setelah membahas bagaimana website WordPress kamu lemot, sekarang kita akan membahas perbedaan antara hosting yang menggunakan SSD dengan hosting yang tidak menggunakan SSD (atau HDD).

Tentu saja, tahun 2019 saat ini semua harga dan inovasi elektronik sangat berkembang pesat. Apalagi untuk hal kapasitas atau penyimpanan. Dalam dunia hosting, kecepatan dan ketersediaan adalah esensi terpenting dari website.

Pengertian SSD

SSD adalah kepanjangan dari Solid State Drive atau suatu media penyimpanan yang menggunakan memori. Berbicara kecepatan, tentu jangan ditanya lagi. Sebuah server yang menggunakan SSD tentu saja kecepatan write dan speednya sangat tinggi daripada server yang menggunakan HDD biasa saja.

Berikut adalah beberapa fakta yang akan kita bahas antara SSD dan HDD biasa dalam dunia hosting. Mungkin bisa membuat kamu makin melek lagi.

Kecepatan

Server yang menggunakan SSD mempunyai kecepatan yang sangat cepat ketimbang menggunakan HDD biasa. SSD menggunaan flash memory saja, sedangkan HDD masih menggunakan piringan berputar. Penggunaan SSD rasionya bisa mencapai 20x lipat dari HDD.

Harga

Sayangnya dibalik kecepatannya yang sangat super cepat, hosting yang menggunakan SSD dipatok dengan harga yang lumayan mahal. Harga untuk hosting SSD biasanya seharga hampir 3x lipat dari hosting HDD yang biasa kamu temui. Tapi harga yang mahal itu tentu saja sebanding dengan performa website yang kamu dapat.

Ranking

Dari segi ranking, google akan merilis akan menaikkan ranking website siapa saja yang mempunyai load yang sangat cepat. Jadi, tentu saja SSD akan mempengaruhi ranking website kamu di pencarian google atau index google.

Cepat Tua

Faktor ini mungkin tidak terlalu mempengaruhi, namun ketika membuka sebuah website yang lama, kamu akan merasa kesal dan geram. Hal tersebut berdampak kamu semakin cepat tua karena kekesalan tersebut. Bayangkan kekesalan tersebut terus berulang, jadi bahaya lho…

Itulah sedikit ulasan tentang hosting SSD vs hosting HDD. Sebagaimana yang kamu tahu, hosting SSD tidak hanya meningkatkan performa saja, namun uang yang dikeluarkan juga cukup lumayan. Tapi kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.