Software Webmail yang Umum Dipakai

Software Webmail yang Umum Dipakai

webmail

Sebagai tambahan pengetahuan, ada beberapa software webmail yang sangat umum dipakai di industri per-hostingan. Beberapa diantaranya pasti sudah kamu ketahui. Ya, mungkin satu atau dua saja. Tapi apakah masih ada lagi? Ya ternyata masih ada banyak software webmail khususnya opensource yang sering digunakan.

Secara umum, ada 2 software webmail yang paling sering digunakan, diantaranya seperti Horde, Roundcube, dan Squirrelmail. Tiga software webmail ini selalu ada dalam satu paket ketika kamu memasang platform cPanel di server kamu maupun pada penyedia hosting manapun. Namun, apakah ada lagi? Yap, ternyata ada.

Berikut sedikit penjabarannya yang saya rangkumkan untuk kalian.

Horde

Horde menawarkan aplikasi seperti klien email Horde IMP, paket groupware (kalender, catatan, tugas, manajer file), wiki dan perangkat lunak waktu dan pelacakan tugas.

Roundcube

Roundcube adalah klien email IMAP berbasis web. Fitur paling menonjol dari Roundcube adalah penggunaan teknologi Ajax yang luas. Setelah sekitar dua tahun pembangunan, rilis stabil pertama Roundcube diumumkan pada awal tahun 2008.

Roundcube ditulis dalam PHP dan dapat digunakan bersama dengan "tumpukan" LAMP, atau sistem operasi lain yang mendukung PHP didukung juga. Server web memerlukan akses ke server IMAP yang menghosting email dan ke server SMTP untuk dapat mengirim pesan.

SquirrelMail

SquirrelMail adalah paket webmail berbasis standar yang ditulis dalam PHP. Ini termasuk dukungan PHP murni built-in untuk protokol IMAP dan SMTP, dan semua halaman ditampilkan dalam HTML 4.0 murni (tanpa JavaScript diperlukan) untuk kompatibilitas maksimum di semua browser. Ini memiliki sangat sedikit persyaratan dan sangat mudah dikonfigurasi dan dipasang. SquirrelMail memiliki semua fungsi yang Anda inginkan dari klien email, termasuk dukungan MIME yang kuat, buku alamat, dan manipulasi folder.

Beberapa webmail opensource lainnya yang sering digunakan :

Zimbra

Zimbra adalah proyek terpelihara dengan baik yang telah diselenggarakan di sejumlah entitas perusahaan yang berbeda selama bertahun-tahun, dan diakuisisi oleh Synacore pada tahun 2016. Ini menampilkan sebagian besar hal yang Anda harapkan dalam klien webmail modern, dari webmail ke folder untuk menghubungi daftar ke sejumlah ekstensi yang dapat dicolok, dan umumnya berfungsi dengan sangat baik.

Rainloop

Rainloop adalah entri yang sangat modern di arena webmail, dan antarmukanya jelas lebih dekat dengan apa yang Anda harapkan jika Anda terbiasa dengan Gmail atau klien email komersial lainnya. Muncul dengan sebagian besar fitur yang Anda harapkan, termasuk autocompletion alamat email, antarmuka drag-and-drop dan keyboard, dukungan penyaringan, dan banyak lainnya, dan dapat dengan mudah diperpanjang dengan plugin tambahan. Ini terintegrasi dengan akun online lainnya seperti Facebook, Twitter, Google, dan Dropbox untuk pengalaman yang lebih terhubung, dan juga membuat email HTML sangat baik dibandingkan dengan beberapa klien lain yang saya gunakan, yang dapat berjuang dengan markup yang kompleks.

Afterlogic

WebMail Lite adalah opsi modern namun minimalis, berlisensi di bawah AGPL dan ditulis sebagian besar dalam PHP.

Sebenarnya masih banyak lagi yang sering dipakai oleh para user di dunia ya. Tapi karena sangat banyak, kita harus batasi sampai beberapa point saja. Intinya adalah opensource webmail di atas cukup sering dan dipakai di Indonesia. Semoga Software webmail yang umum dipakai ini bisa menjadi referensi kamu.

Previous Post Next Post