Pengertian Webhosting

Pengertian Webhosting

tutorial

Sebelum kita membicarakan tutorial dan panduan dalam webhosting, mari kita pelajari dahulu apakah yang dimaksud dengan Webhosting. Secara harfiah, webhostng bisa di definisikan sebagai tempat web. Namun, secara arti yang sesungguhnya mengacu pada fungsi dan tujuan, maka Webhosting adalah sebuah individu, grup, atau golongan yang menyediakan jasa internet yang berdayakan server bertujuan untuk disewakan agar dapat diakses layanan website tersebut.

Definisi Luas

Secara umum definisinya seperti di atas. Namun, saat ini Webhosting tidak hanya digunakan sebagai layanan penyimpanan website saja (HTTP), tapi juga beberapa layanan lainnya seperti email (POP / IMAP), transfer file (FTP), akses subdomain (DNS), hingga akses terminal (SSH). Layanan Webhosting tersebut biasanya digunakan mulai dari kebutuhan pribadi, grup tertentu, golongan hingga kebutuhan komersil atau bisnis.

Jenis Webhosting

Secara umum hingga saat ini ada 2 jenis Webhosting yang berkembang biak di dunia hosting. Pertama, ada Linux hosting. Adalah sebuah layanan Webhosting yang menggunakan kernel Linux sebagai platform hostingnya. Distro yang digunakan pada kernel Linux seperti: Centos, Ubuntu, Redhat, Debian dan sebagainya. Kebanyakan penyedia Linux hosting menggunakan sistem operasi Centos 7 yang terbaru saat ini.

Kedua, ada Windows hosting. Seperti yang dikatakan pada istilahnya, sistem operasi yang digunakan adalah Windows, tapi bedanya dalam skala hosting bukan Windows biasa, namun Windows Server. Biasanya kebanyakan penyedia Windows hosting menggunakan sistem operasi Windows Server 2012. Dimana ada beberapa versi Windows Server yang digunakan di luar sana, seperti: Windows Server 2008, Windows Server 2012, Windows Serve 2016.

Fungsi Webhosting

Banyak yang masih belum menyadari pentingnya peran Webhosting sebagai media digital. Beberapa diantaranya seperti, sebagai alat arsip dengan menulis blog atau tulisan yang berguna bagi pembaca atau pengunjung lain, sebagai media bisnis karena dapat dilihat puluhan hingga ratusan orang sekaligus, dan masih banyak lagi.

Platform Webhosting

Membicarakan tentang platform, berarti kita membahas penggerak atau dapur dari hosting itu sendiri. Maksudnya adalah akses kontrol yang digunakan oleh suatu penyedia hosting. Saat ini ada beberapa platform hosting mulai dari yang gratisan hingga berbayar cukup mahal, tergantung fungsionalitasnya. Akan saya urutkan dari yang terkenal dulu.

  1. cPanel
  2. Plesk
  3. Direct Admin
  4. Virtualmin (webmin)
  5. Kloxo-MR
  6. Centos WebPanel
  7. VestaCP
  8. Ajenti
  9. masih banyak lagi...

Terima kasih sudah menyimak artikel tentang pengertian webhosting. Sebenarnya jika ingin dijabarkan masih sangat luas sekali, namun saya berikan poin pentingnya saja. Semoga tidak membuat teman-teman pusing dan lebih semangat lagi dalam belajar Webhosting.

Next Post