Menambahkan Sub Domain pada cPanel

Menambahkan Sub Domain pada cPanel

subdomain

Setelah kemarin kita sudah membahas caranya menambahkan domain pada cPanel, kini saatnya kita membahas bagaimana caranya menambahkan sub domain ke cPanel. Kurang lebih caranya cukup sama dan tidak jauh berbeda. Hanya saja ada perbedaan antara domain dan sub domain. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Ada perbedaan antara domain dan sub domain. Domain adalah Top Level Domain dimana hanya terdiri dari 1 titik saja. Misal saya.net, kamu.com. Sedangkan sub domain adalah Second Level Domain dimana terdiri dari 2 titik. Misal www.saya.net, eh.siapa.com, ftp.hostku.net. Sekarang jelas 'kan, perbedaannya.

Untuk menambahkan sub domain pada cPanel pastikan kamu sudah login ke cPanel terlebih dahulu.

Setelah login, gunakan fungsi search yang ada pada cPanel untuk mempercepat akses navigasi, lalu search sub dan akses menu subdomain.

Kemudian kita klik lalu muncul interface penambahan sub domain. Sebelum lebih lanjut lagi ada sedikit catatan yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Di bawah ini adalah tulisan langsung dari dokumenter cPanel itu sendiri.

Subdomain adalah sub bagian situs web Anda yang dapat ada sebagai situs web baru tanpa nama domain baru. Gunakan subdomain untuk membuat URL yang mengesankan untuk berbagai area konten di situs Anda. Misalnya, Anda dapat membuat subdomain untuk blog Anda yang dapat diakses melalui blog.example.com dan www.example.com/blog

Misalkan kita mau membuat subdomain bernama subdomain.dcyber.id ya. Kita hanya perlu mengisi kolom subdomain dengan nama subdomain saja, kemudian klik sembarang, dan akan ke generate sendiri seperti di bawah ini.

Jika semuanya sudah oke, kamu tinggal klik Create ya.

Sekarang sub domain kamu sudah terbuat ya. Tinggal isi file dari sub domain tersebut dari File Manager cPanel.

Previous Post Next Post