Login Webmail pada Plesk

Login Webmail pada Plesk

Plesk webmail

Jika ada yang bertanya dengan pertanyaan seperti ini: "Bagaimana caranya saya bisa login webmail pada Plesk?". Lalu kira-kira apa yang akan kamu jawab? Pada dasarnya, cara membuka webmail pada Plesk mirip dengan cara mengakses webmail di cPanel. Lalu apa yang berbeda, dan fiturnya apa saja? Yuk kita bahas.

Login webmail di Plesk

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, cara mengakses webmail pada Plesk sama seperti di cPanel. Caranya bagaimana?

http://webmail.domain.kamu/

Beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum login ke webmail adalah, pastikan DNS record pada domain kamu sudah dibuat untuk record mail.* ; webmail.* ya. Jika kamu kurang mengerti, kammu bisa eskalasikan pertanyaan ini ke support dari penyedia hosting kamu.

Kemudian login dengan menggunakan full username dan password. Apa maksudnya full username? Contohnya seperti: saya@emailkamu.lah. Lalu diikuti dengan password email milik kamu.

Opsi software webmail yang ditawarkan oleh Plesk pada dasarnya hanya 2, yaitu Horde dan Roundcube saja.

Login ke Plesk untuk Konfigurasi Email

Salah satu fungsi yang menarik jika kalian menggunakan Plesk adalah, kalian bisa melakukan konfigurasi sendiri pada email account yang kalian miliki. Maksudnya adalah, jika kalian login ke Plesk control panel menggunakan email account dan password sendiri, nanti kamu bisa membuka preferensi user tersebut.

Caranya adalah login ke Plesk kemudian diikuti dengan username sebagai full email address kamu dan password adalah password dari email kamu.

Setelah dibuka, kalian bisa langsung login ke email user preferensi. Kamu bisa langsung melakukan perubahan atau edit terhadap user email akun kamu.

Previous Post Next Post