Login ke FTP Menggunakan FTP Client

Login ke FTP Menggunakan FTP Client

ftp

Setelah kenyang membahas tentang cara membuat akun FTP di cPanel, kini saatnya kita mencoba bagaimana sih caranya login ke FTP server menggunakan FTP akun kita pada FTP client (nah bingung kan dengan istilahnya). Namun sebelum itu, kita harus tahu nih software apa saja yang bisa kita gunakan untuk bisa login ke FTP server cPanel kita. Ada banyak software desktop yang versi gratis di internet.

Agar kalian tidak terlalu bingung, saya tidak akan membahas semuanya satu per satu di sini, melainkan saya perkenalkan dengan gambar software yang umum dan sering digunakan saja.

FileZilla

Software bernama filezilla adalah salah satu yang terkenal dari seluruh FTP client software. Karena memang software ini bisa dikatakan cukup tua dari semua versi FTP client yang ada saat ini. Tidak hanya itu saja, selain cukup tua software ini lumayan bisa diandalkan, walau memang ada beberapa kekurangan. Namanya software gratisan (open source), tapi sejauh ini kekurangan tersebut hampir tidak bisa kelihatan bagi kebanyakan orang.

Filezilla bisa di download di sini: https://filezilla-project.org/download.php?type=client

Sayangnya, pada update baru-baru ini Filezilla memberlakukan settingan dimana seluruh koneksi yang akan tersambung secara default dipaksa menggunakan koneksi tipe TLS. Dengan berarti beberapa server FTP yang tidak ada koneksi TLS atau TLS nya belum di konfigurasi dengan benar, maka bisa menimbulkan sedikit masalah.

WinSCP

WinSCP adalah seri FTP client yang lebih baru versinya daripada Filezilla. Walau terbilang baru, bukan berarti software ini masih banyak bug dan erorrnya. Kalian salah, software ini adalah favorit software yang saya gunakan selama ini. Bahkan hingga detik ini saya masih menggunakan software Winscp ini untuk utak atik FTP client.

Link download WinSCP : https://winscp.net/eng/download.php

Untuk transfer FTP saya lebih menyarankan menggunakan WinSCP karena lebih mudah dan tidak ribet.

Setup WinSCP

Berikut keterangannya:

  • Pada saat setup baru, pilih New Site > File Protocol FTP
  • Pilih Encryption > No
  • Hostname isikan nama server / IP cPanel server kamu
  • Port number isikan 21 secara default
  • Username sesuaikan dengan FTP username kamu
  • Password sesuaikan dengan FTP password kamu
  • Lalu save

Sekarang kamu tinggal login ke FTP server. Pada umumnya dokumen root pada suatu domain di tandai dengan nama public_html. Namun untuk subdomain biasanya tidak ditandai dengan nama tersebut.

Previous Post Next Post