Cara mengakses webmail di cPanel

Cara mengakses webmail di cPanel

webmail

Setelah mempelajari bagaimana cara menambahkan domain pada cPanel, kini saatnya mengetahui bagaimana cara mengakses webmail di cPanel. Pada umumnya webmail digunakan oleh beberapa orang dengan intensitas email rendah-menengah. Kebanyakan orang menggunakan webmail karena dirasa lebih simpel dan tidak perlu install apapun, termasuk saya.

Pada umumnya webmail adalah sebuah protokol email yang bisa kalian buka lewat interface browser favorit kalian seperti Firefox, Chrome, Opera atau yang lainnya. Dan secara default, protokol yang digunakan ketika mengakses webmail adalah protokol IMAP. Dengan menggunakan protokol IMAP, berarti tiap pesan email yang ada akan tersingkronisasi dengan server.

Ada 2 cara membuka webmail interface pada cPanel.

Membuka lewat interface webmail.domain

Cara pertama yang paling umum dilakukan tiap pengguna adalah mengakses webmail dengan subdomain webmail.domain.anda di browser mereka. Namun sebelum mengakses subdomain webmail ini, pastikan pada DNS record domain tersebut sudah disertai.

Membuka menggunakan SSL port

Cara kedua yang biasanya lazim digunakan adalah dengan mengakses webmail yang disertai dengan SSL port. Sebagai contoh berikutnya :

https://ip.ip.ip.ip:2096/

Dimana ip.ip.ip.ip adalah server IP address anda sendiri atau bisa menggunakan hostname server. Contoh hostname: server.idcloudhosting.net.

Begitulah cara mengakses webmail di cPanel hari ini. Semoga membantu ya.

Previous Post Next Post