Bagaimana Cara Login ke cPanel?

Bagaimana Cara Login ke cPanel?

tutorial login

Jika urusan domain semuanya sudah kelar, kini saatnya kita login ke cPanel untuk menyiapkan website atau blog kita. Mungkin beberapa orang ada yang sudah tahu tentang cPanel ini. cPanel bukanlah suatu istilah, namun adalah brand atau merk dari platform webhosting yang ada. Dan kebetulan merk cPanel ini adalah yang terkenal saat ini dan banyak dipakai oleh para pengguna hosting lainnya. Kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit keseluruhan cPanel dan cara login ke cPanel.

cPanel

Merujuk Wikipedia cPanel:

cPanel adalah panel kontrol webhosting berbasis web online yang menyediakan antarmuka grafis dan alat otomatisasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses hosting situs web. cPanel menggunakan struktur three-tier yang menyediakan kemampuan bagi administrator, pengecer, dan pemilik situs web pengguna akhir untuk mengontrol berbagai aspek administrasi situs web dan server melalui browser web standar.

Selain GUI, cPanel juga memiliki baris perintah dan akses berbasis API yang memungkinkan vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting, dan pengembang untuk mengotomatisasi proses administrasi sistem standar.cPanel dirancang untuk berfungsi baik sebagai server khusus atau server pribadi virtual.

Login ke cPanel

Sebenarnya sistem cPanel ada 2 macam. Untuk akses administratif dan akses service penting yang ada di dalam server, termasuk di dalamnya kebijakan server serta firewall menggunakan Interface WHM. Sedangkan untuk akses service seputar layanan hosting dan antarmuka untuk client maka menggunakan Interface cPanel.

Login ke Interface WHM

Untuk login ke WHM, kamu harus mempunyai akses root. Akses root adalah akses tertinggi dari semua privasi dan administratif dalam Linux. Login root ini jugalah yang dipakai untuk login ke interface WHM. Jika anda tidak terlalu paham atau familiar tentang WHM, ada baiknya untuk tidak sembarangan utak-atik, karena bisa berakibat fatal.

Login ke WHM dengan menggunakan port 2087 secara default dan menggunakan protokol https. Sebagai contoh: https://ip.ip.ip.ip:2087/. Jika ditulis manual mungkin agak repot ya, kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti: ip.ip.ip.ip/whm pada browser kamu. Secara langsung, browser akan mengarahkan ke area login dari WHM itu sendiri.

Login ke Interface cPanel

Untuk login ke interface cPanel, kamu hanya perlu user dan password yang sudah dibuat oleh pihak penyedia. Sebenarnya cPanel menyediakan 2 protokol yakni http biasa dan https.

Untuk port http menggunakan : http://ip.ip.ip.ip:2082/. Sedangkan untuk port https kita menggunakan : https://ip.ip.ip.ip:2083/

Atau login ke interface cPanel dengan mudah menggunakan http://ip.ip.ip.ip/cpanel.

Pada umumnya cPanel interface digunakan untuk end user, sedangkan WHM interface digunakan untuk Administrator atau akun reseller. Semoga cara login ke cPanel ini membantu kalian ya.

Previous Post Next Post