Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli VPS

Setelah lama kita membicarakan tentang web hosting, kini saatnya kita beranjak sejenak membahas tentang VPS. Karena pada dasarnya bagi kamu yang mempunyai website berat dan butuh sumber daya atau resource yang lebih lagi, maka VPS adalah pilihan kamu.

VPS biasa disebut dengan Virtual Private Server adalah sebuah istilah untuk server yang dibuat dengan cara virtualisasi (openvz, kvm, xen, hyperv) dan biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan hosting dengan alokasi sumber daya yang lebih besar.

Alasan utama mengapa website kamu yang sudah memiliki trafik di atas 1000 per hari dan total postingan lebih dari 1000, salah satunya mungkin karena sumber daya yang kamu gunakan pada server web hosting saat ini sudah mendekati batas alokasi yang ditentukan, atau mungkin sudah melebihi batas yang sudah ditentukan.

VPS menawarkan manajemen sumber daya yang lebih baik dibandingkan dengan web hosting. Dengan sumber daya tersebut, memungkinkan tiap pengguna VPS memiliki sumber daya yang sesuai dengan alokasi mereka pesan. Dan alokasi tersebut di peruntukkan untuk pengguna VPS yang bersangkutan saja. Sumber daya pengguna lain dan akses pengguna VPS lain, sifatnya terisolasi.

Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum membeli VPS :

Akses root

Dalam sebuah VPS, akses tertinggi pada sebuah VPS adalah user bernama root, setara dengan akses super administrator. Akses root ini adalah akses yang wajib dimiliki ketika kamu menyewa sebuah VPS. Karena faktanya, ada sebagian penyedia hosting sana yang tidak menyediakan akses root. Namun tenang saja, jumlahnya sangat kecil.

Harga masuk akal

Membicarakan sebuah harga, nilainya relatif bagi setiap orang. Harga di tempat A yang dikira si X mahal, belum tentu oleh si Y mahal. Begitu juga sebaliknya. Pastikan harga yang diberikan oleh penyedia adalah harga yang masuk akal dan terjangkau untuk kamu. Rata-rata penyedia VPS di Indonesia menaruh harga antara Rp.70.000 hingga Rp 200.000 per bulan untuk kisaran harga terendah sebuah VPS yang berlokasi di Indonesia.

Layanan support 24 jam

Bagi semua orang mungkin layanan support tidak terlalu penting. Namun untuk seseorang dengan pengalaman ilmu VPS yang pas-pasan, poin ini sangat penting. Namun rata-rata penyedia VPS sudah 24 jam semua.

Jaringan server stabil

Poin terpenting yang harus kalian ingat adalah kestabilan server. Karena tidak semua VPS mempunyai kondisi yang stabil. Dalam hal ini kita membicarakan jaringan ya. Karena ada beberapa penyedia VPS dengan koneski yang kurang bagus untuk digunakan.

Memahami kebutuhan sendiri

Setelah semua poin di atas terpenuhi, kita harus bisa menentukan paket mana yang akan kita ambil. Itu tergantung dari kebutuhan VPS yang akan kita sewa. Pada umumnya, untuk website jumlah pengunjung kisaran 1000 hingga 4000 membutuhkan paling tidak VPS 2 GB dan CPU core minimal 2 untuk performa yang lebih baik.

Sebenarnya poin yang harus diperhatikan sangat banyak, namun untuk poin terpentingnya sudah disampaikan di atas. Jika ada poin yang bisa ditambahkan, bisa tulis di kolom komentar.