Deceptive site ahead: Apa yang Harus Dilakukan?

Jika saat mengunjungi suatu website tertentu kamu mendapatkan pesan error seperti ini “Deceptive site ahead” jangan panik terlebih dahulu. Karena browser kita sudah membantu untuk memblokir agar tidak membuka halaman itu secara langsung ketika website diketik dan diakses.

Pada dasarnya kode error “Deceptive site ahead” yang disebutkan adalah pemberitahuan yang dilakukan oleh Agent browser yang kita gunakan, karena website yang akan kita tuju teridentifikasi ada malware / scamming atau virus yang berbahaya jika diakses komputer / laptop kita.

Jika sudah demikian, sudah saatnya jika kamu adalah sebagai pemilik website yang dituju di atas, maka harus berbenah diri dengan melakukan full backup serta melakukan scanning malware. Ada banyak software scan malware, tapi dasar engine biasa yang dipakai adalah Clamd service.

Selain itu, sebagai pemilik website kamu harus melakukan patching terhadap website kamu dan pembenahan secara berkala dari sisi website script dan database yang digunakan. Alangkah baiknya untuk di eskalasi ke bagian system administrator dan developer agar pengecekan bisa lebih komprensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.