cPanel: Menambahkan MySQL remote

Setelah bisa menambahkan domain dan subdomain pada cPanel, sekarang saatnya bagaimana kita akan menambahkan MySQL remote pada cPanel. Biasanya database remote digunakan untuk beberapa user yang ingin management db nya secara terpisah dengan alasan tertentu. Salah satunya adalah desentralisasi yang dinilai lebih aman dan meringankan beban server web.

Secara default, remote database tidak di aktifkan pada fitur cPanel. Oleh karena itu, kita harus mengaktifkannya sendiri. Cara ini bisa dilakukan dari WHM panel ataupun dari cPanel akun kita sendiri.

Biasanya lebih mudah jika dilakukan dari interface cPanel akun.

Setelah login ke cPanel, kamu hanya perlu mengetik kata “remote” pada kotak pencarian tanpa menggunakan tanda petik. Kurang lebih seperti ini :

remote db

Setelah itu akan terbuka menu interface yang mewajibkan kita untuk mengisi host (dalam bentuk IP address) pada kolom Host. Untuk kolom Comment tidak wajib diisi.

remote host

Jadi, dalam hal ini website saya di server A kemudian database berada di server B. Dengan demikian, pada remote host interface harus kita isikan IP server B. Karena nantinya server B akan terhubung dengan server A dimana website kita berada.