cPanel: Menambahkan email account

Setelah membahas tentang cara membuat email sendiri pada Plesk control panel, kini saatnya kita akan membahas bagaimana membuat email sendiri pada cPanel kamu. Sebenarnya caranya sangat mudah dan bisa kau ikuti, kami sertakan berikut gambarnya ya.

Pertama, pastikan kamu login ke cPanel hosting dengan accountmu sendiri. Setelah itu, ketik kata “email” tanpa tanda petik saat sudah berada pada kolom pencarian Dashboard.

pencarian email

Kemudian kita pilih menu Email Accounts. Setelah di klik, lalu kita pilih menu Create.

menu buat email cpanel

Setelah itu kita akan sampai dimana terdapat beberapa komponen yang harus diisi, seperti: nama email, password, quota, dsb. Dari sini, pastikan kamu isi dengan benar dan sesuai kebutuhan.

pembuatan email

Karena cPanel memiliki kebijakan yang cukup keras untuk pembuatan email password, maka password saya sarankan untuk menggunakan menu GENERATE yang bisa kamu klik pada kolom Password saat ingin membuat password.

Untuk Storage Space adalah banyaknya kapasitas email yang bisa ditampung oleh email account yang akan dibuat saat itu. Biasanya orang cenderung set dari 100 MB hingga 250 MB untuk kegiatan email yang rendah. Lain halnya dengan kegiatan email tinggi. Biasanya antara 500 MB hingga 1000 MB.

Ketika semua sudah selesai, klik + CREATE.

Setelah berhasil dibuat, kamu bisa langsung akses webmail dari cPanel dengan cara sebagai berikut (boleh pilih salah satu):

  • http://webmail.domain.kamu
  • https://domain.kamu:2096/
  • http://domain.kamu/webmail

Karena kebijakan dan setting dari tiap penyedia hosting mungkin berbeda-beda, ada 3 kemungkinan yang ada. Saya sebutkan di atas. Perlu diingat, dimana domain.kamu adalah nama website kamu ya.