cPanel: Membuat Database & Setting User Database

Panduan kali ini akan membantu teman-teman bagaimana cara membuat database dan setting user database di platform cPanel. Karena pada dasarnya dalam cPanel, setelah membuat database, kita wajib menentukan user databasenya juga. Pertama, pastikan kita sudah login cPanel terlebih dahulu.

Setelah masuk ke cPanel, kemudian kamu scroll ke bawah dan temukan sub menu Databases kemudian klik MySQL Databases.

Menu MySQL Database

Setelah terbuka pada interface selanjutnya, kita tinggal isikan saja kebutuhan database yang akan digunakan. Contoh di bawah ini adalah contoh interface ketika ingin menambahkan database baru.

Buat database baru

Jangan isi nama panjang, cukup 2-4 huruf sudah cukup. Bisa diawali huruf atau angka dan boleh campuran huruf dan angka. Bisa huruf saja atau angka saja. Setelah itu, klik Create Database kemudian Go Back. Lalu scroll ke bawah kita ke bagian MySQL Users.

Tambah MySQL user

Hal selanjutnya yaitu menambahkan user MySQL. Kamu bisa menggunakan nama yang sama seperti saat menambahkan database, namun boleh juga menggunakan nama yang berbeda ketika ingin menambahkan MySQL user. Kemudian untuk menambahkan password, kamu bisa gunakan fitur Password Generator yang ada pada halaman yang sama.

Setelah MySQL User ditambahkan, lalu kembali ke interface MySQL tadi lalu kita scroll ke bawah sedikit. Nanti kamu akan bertemu dengan menu Add User to Database. Maksudnya adalah menambahkan user ke database.

Menambahkan User ke Database

Pada dasarnya database itu sendiri tidak dapat diakses begitu saja (setelah dibuat) tanpa ditambahkan MySQL user. Karena MySQL user berfungsi sebagai mekanisme autentikasi pada database yang akan diakses nantinya. Jadi sangat wajib hukumnya kalau ingin databasenya bisa diakses, harus Add User to Database terlebih dahulu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.