cPanel: Cara Backup Website

Buat kamu yang masih belum tahu caranya backup website di cPanel, bisa cek tutorial yang satu ini. Sekilas, cara backup di cPanel tidak jauh berbeda dengan cara backup di Plesk. Mengapa? Karena keduanya menawarkan solusi yang sangat mudah dalam melakukan backup hosting akun kamu.

Sebelum kita sharing lebih jauh lagi, pastikan kamu sudah membaca pentingnya backup pada websitemu terlebih dahulu ya.

Pertama, pastikan kamu bisa login ke cPanel terlebih dahulu dengan cPanel akun kamu.

Kedua, lakukan pencarian kata “backup” kemudian pilih Backup Wizard.

menu backup

Ketiga, saat menu backup wizard sudah terbuka, kita klik Backup. Hal ini karena tujuan utama kita adalah melakukan backup. Sedangkan, jika ingin melakukan restore bisa langsung klik restore saja.

Proses backup ini terdiri dari 3 macam partial backup. Ada backup home directory, ada backup MySQL database saja, lalu backup email forwarder dan filternya. Jika ingin melakukan migrasi dari host sekarang ke host lain, maka saya saranakan untuk klik Full Backup saja. Tentu saja dengan klik full backup, maka waktu yang dibutuhkan untuk backup cukup lama, tergantung banyaknya file yang ada.

Keempat, opsi menu backup yang akan tersedia nantinya. Kamu bisa mengisikan email address untuk notifikasi email ketika file backup sudah selesai untuk di gunakan.

Langkah terakhir, klik Generate Backup agar proses backup berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.