Cara Login ke Webmail

Ketika sudah mengetahui beberapa kelebihan dan praktisnya menggunakan sarana Email, sekarang kita akan membahas bagaimana cara login ke Webmail. Beberapa dari kamu mungkin ada yang sudah membaca tentang belajar email yang sudah saya tulis. Sekarang kita akan belajar mengakses Webmail.

Pada dasarnya interface Webmail sudah ada pada cPanel dan Plesk, bahkan pada platform hosting control panel open source sekalipun. Webmail adalah sebuah portal berbentuk website, baik itu HTTP maupun HTTPS yang digunakan untuk mengakses email menggunakan koneksi internet.

Platform Webmail itu sendiri sangat banyak. Yang gratisan diantaranya ada: SquirrelMail, Roundcube, Horde, MailEnable, Smartermail. Sebenarnya masih ada banyak yang belum disebutkan, yang saya sebutkan adalah segelintir saja yang dominan digunakan pada bisnis hosting.

Sebagai tambahan, open source yang digunakan di linux seperti SquirrelMail, Roundcube, dan Horde. Sedangkan MailEnable dan Smartermail adalah versi enterprise yang digunakan di Windows, tapi mereka menyediakan versi gratisnya.

Login Webmail Plesk

Pada platform Plesk, kita menggunakan http://webmail.domainmu.com/ untuk bisa login ke interface Webmail. Pastikan sub domain webmail domainmu sudah mengarah ke IP server tersebut.

Login Webmail cPanel

Sedangkan untuk platform cPanel, kita menggunakan port untuk login webmail. Untuk non SSL, bisa menggunakan port 2095, sedangkan untuk SSL bisa menggunakan port 2096. Penggunaannya sebagai berikut :

hostname.serverhosting.com:2095 atau hostname.serverhosting.com:2096

Sekian tutorial cara login ke webmail. Jika ada tambahan atau kekurangan bisa di tulis di kolom komentar.