Cara Cek Domain

Sudah banyak membicarakan tentang ini itu dan VPS, namun kita belum membahas lebih lanjut tentang Domain. Mungkin ada beberapa diantara kalian tidak tahu bagaimana cara cek domain. Tentu saja, sebelum kita ingin memiliki sebuah domain, ada baiknya kita cari dulu bagusnya seperti apa domain tersebut.

Untuk bisa mencari atau cek sebuah domain, caranya sangat mudah dan tidak sulit. Namun kita memerlukan bantuan pihak ketiga dalam hal ini untuk membantu kita melakukan query database domain yang akan kita cari atau cek. Karena tidak mungkin kalau kita cari sebuah domain tanpa informasi pendukung yang valid.

Pada dasarnya domain memiiki serangkaian database, dimana tiap TLD (Top Level Domain) memiliki database masing-masing. Misalnya ada .com, .net, .org, .biz, .id, .online, dsb. Sekarang kita mulai saja.

Yang perlu kamu lakukan adalah membuka sebuah browser di laptop atau komputer, entah itu Chrome, Opera, atau Firefox. Kemudian kamu buka ke salah satu website di bawah ini :

Setelah membuka salah satu website di atas, kamu ketik domain yang akan dicari. Misalnya, domain belajarwebhosting.net ya. Hasilnya akan terlihat informasi dari kepemilikan domain tersebut. Dari situ kamu bisa mencari informasi dari domain seseorang, atau cek apakah domain tersebut sudah ada yang memiliki atau belum. Jika tidak mengeluarkan hasil valid, berarti domain tersebut masih belum ada yang memiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.