Berapa Lama Propagasi DNS?

Istilah propagasi DNS yang ada pada hosting bukanlah istilah biasa. Nah kali ini di belajarwebhosting.net kita akan membahas tentang istilah propagasi DNS. Karena sayangnya banyak artikel yang berkeliaran namun esensinya hanya copy-paste saja dan tidak menjelaskan konsep penting dari propagasi DNS itu sendiri.

Pengertian Propagasi DNS

Istilah sederhana yang bisa kalian artikan tentang propagasi DNS, adalah sebuah perubahan DNS yang sudah dilakukan, dan menunggu perubahan DNS terbaru di internet. Pada umumnya, para staff dari penyedia hosting cenderung akan mengatakan perubahan DNS akan terjadi dalam 24 jam secara menyeluruh. Apakah itu benar?

Fakta Propagasi DNS

Fakta pertama, propagasi DNS itu sifatnya sekejap saja. Jika diartikan dalam bentuk detik, maka bisa kita ukur yaitu 1 detik. Karena sifatnya DNS yang ada pada internet atau skala server yaitu membaca langsung dengan cara lookup ke root server direktori. Maksudnya, perubahan DNS yang ada pada skala internet dan server sifatnya sekejap dan mendapatkan data langsung apa adanya dari root server. Dimana root server adalah pusat arsip DNS server berada.

Fakta kedua, untuk menghemat bandwidth atau query koneksi, kebanyakan para ISP (layanan penyedia internet di Indonesia) cenderung memberlakukan sistem caching untuk DNS pada server mereka. Dampaknya, para pelanggan yang menggunakan layanan internet tersebut otomatis tidak bisa langsung merasakan perubahan yang terjadi. Waktu caching (penyimpanan) pun bervariasi, dari yang 2 jam, 6 jam, bahkan hingga belasan jam!

Fakta ketiga, pada sistem filtering DNS di level penyedia layanan internet, biasanya memberlakukan kebijakan yang kita kenal dengan TRUST+ Positif. Adalah sebuah layanan keamanan dari level DNS untuk menyaring website agar tercipta akses internet yang aman dan nyaman.

Fakta keempat, kecepatan dalam mencari alamat sebuah website atau sebuah URL, dari mulai mengetik sejumlah kata kunci atau nama website pada browser dari mulai proses menekan ENTER hingga bit pertama muncul pada tampilan layar monitor kamu, dipengaruhi oleh DNS, bukan seberapa kencang kecepatan internet kamu. Selanjutnya ketika tampilan bit pertama muncul sampai semua halaman di load pada monitor kamu, barulah itu tergantung seberapa kencang kecepatan internet kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.