Bagaimana Cek Alamat IP Website Saya?

Sedikit trik buat teman-teman yang ingin mengetahui alamat IP yang digunakan oleh website kamu. Mungkin banyak yang bertanya, darimana kita tahu IP yang digunakan untuk website kita. Jawabannya bisa dua. Pertama, tanya ke penyedia webhosting kamu, dan kedua kamu cari sendiri deh.

Untuk cara yang pertama, cukup mudah sekali. Kamu hanya tinggal kontak (bisa dengan livechat atau email) ke penyedia hosting untuk menanyakan IP website kamu.

Cara kedua, yaitu kita cek sendiri. Cara ini lebih simpel, karena bisa langsung kamu cek.

Untuk pengguna Windows, kamu tinggal gunakan Search lalu ketik cmd. Setelah itu akan muncul kotak hitam yang bernama command windows. Tinggal kamu ketik ping <nama website>.
Contoh: ping yahoo.com (tanpa titik).

Untuk pengguna Mac atau Linux varian lainnya, gunakan Search lalu ketik console atau command untuk mengeluarkan interface seperti cmd Windows. Untuk contohnya: ping <nama website -c3.
Sebagai contoh: ping yahoo.com -c4 (tanpa titik).

Mengapa untuk pengguna Mac atau varian Linux harus pakai syntax c3? Karena secara default, baik itu Mac dan varian Linux menggunakan kernel yang sama, yaitu kernel Linux. Dimana ketika kamu ketik ping host, maka dia akan ping terus sebelum prosesnya di hentikan. Dengan menambahkan -c3 berarti kita berikan limitasi hingga 3 hop counts saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.