Apakah Cache Plugin WordPress Berguna?

Kali ini kita akan membahas sebuah pertanyaan yang cukup sering beredar di dunia internet, khususnys CMS WordPress. Apakah cache plugin pada WordPress berguna? Karena beberapa para blogger ada yang mengatakan hal tersebut berguna untuk mempercepat website. Tapi apakah itu benar, atau hanya karena cache browser saja? Yuk kita bahas lebih dalam.

Pada dasarnya fungsi cache hanya diperuntukkan untuk beberapa fungsi tertentu saja. Namun kini, fungsi cache itu sendiri sudah dianggap penting karena metode kerjanya yang cukup efisien. Dalam istilah komputer, cache digunakan untuk request future yang nantinya akan diakses.

Cara Kerja Cache WP

Beberapa plugin cache yang sudah di teliti lebih lanjut, ada beberapa metode yang digunakan dalam cache WordPress. Diantaranya ada: page caching, database caching, object caching, dan lainnya. Umumnya, para developer WordPress menggunakan metode page caching, lantaran ini adalah metode caching paling mudah digunakan.

Hampir semua cache plugin yang ada, menggunakan page caching. Cara kerja dari page caching ini yaitu, si plugin akan membuat dynamic file yang di buat dari server, umumnya html, kemudian nantinya data cache ini digunakan untuk request halaman website yang akan dibuka.

Efek Samping

Tipe page caching ini dirasa sangat mudah dan paling simpel, namun ada efek sampingnya. Seiring dengan berjalannya waktu dan konten WordPress kamu, akan ada banyak file cache yang akan terbentuk. Seiring banyaknya file cache yang terbentuk, berarti berdampak pada besarnya isi hardisk pada server.

Selain itu, semakin banyaknya pengunjung website yang datang, dan seiring berkembangnya konten website anda secara drastis, maka penggunaan sumber daya server menjadi semakin besar.

Solusi

Ada beberapa solusi yang akan ditawarkan di sini. Untuk menanggulangi tersebut, biasanya disarankan untuk menggunakan web server nginx. Atau bisa menggunakan front-end web server nginx lalu back-end web server menggunakan Apache. Sayangnya untuk akses front-end dan back-end hanya bisa diakses dari si penyedia hosting saja.

Solusi kedua yang mudah yaitu berlangganan CDN. Sebelumnya kita sudah membahas tentang CDN dan fungsinya. Cara ini dirasa paling efektif untuk skala user-end. Efeknya, CDN secara drastis akan mempercepat load websitemu dengan sempurna.

Sekian dan semoga berhasil.