Adakah Versi Windows cPanel?

Ada sebagian suara dari para warganet yang bertanya, apakah ada versi cPanel yang menggunakan sistem operasi Windows server? Jika kamu telusuri pada tahun 2019 ini, maka jawabannya tidak ada. Namun perlu kamu tahu, dulu versi Windows untuk cPanel sempat ada hingga Februari 2014.

Enkompass

Awal mulanya, cPanel mengembangkan webhosting control panel yang berbasis Windows yaitu bernama Enkompass, pada 15 Oktober 2011. Pada masanya, Enkompass ditawarkan oleh pihak pengembang secara gratis untuk dipakai dan sebagai bahan pengembangan ke depan.

Namun sayang, seiring berjalannya waktu demi waktu hingga tahun demi tahun, pengembangan dari Enkompass semakin lama semakin melambat. Hingga pada tahun 2014, tepatnya bulan Februari platform cPanel pada Windows ini dihentikan sepenuhnya sebagai End of Life product.

Bagi yang belum tahu, berikut adalah beberapa gambar untuk Enkompass.

Interface Enkompass
Halaman login Enkompass

Sekarang sudah tahu sejarah cPanel dengan Windows bukan? Ternyata bukan tidak ada, tapi sempat ada. Namun ke depannya, cPanel sepertinya tidak akan merilis versi Windows dan akan terus mengembangkan platform tersebut pada Linux Centos saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.